Sering Tidak Diketahui, Fungsi dan Manfaat Website Bagi Bisnis

Dibandingkan dengan medsos (media sosial), istilah website atau situs web, jelas kalah jauh kepopulerannya. Tidak banyak orang yang paham tentang hal yang satu ini. Padahal, tanpa sadar ketika mereka menggunakan medsos melalui browser (peramban internet), sebenarnya mereka sedang mengakses sebuah website.

Penggunaannya juga masih kurang umum karena kerap dianggap rumit dan susah. Masyarakat lebih menyukai website yang dianggap lebih mudah digunakan.

Oleh karena itulah, tidak heran kalau masih banyak sekali orang yang tidak menyadari bahwa fungsi website akan dapat memberi keuntungan, terutama bagi para pelaku bisnis. Manfaat-manfaat ini banyak yang tidak bisa didapatkan dari media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Tit-tok.

Ada banyak keuntungan yang hanya bisa diberikan oleh website.

Mau tahu apa saja?

Fungsi dan manfaat website bagi sebuah bisnis

Fungsi dan kegunaan dari sebuah situs web itu “hampir tidak terbatas” karena sifatnya yang fleksibel. Hampir tidak ada batasan kecuali kemampuan manusia untuk berpikir.

Facebook adalah salah satu contoh fungsi website yang bisa dijadikan alat untuk manusia berinteraksi dan bersosialisai. Instagram menjadi sebuah website yang memungkinkan orang menampilkan karya visual, berkomunikasi, berinteraksi, dan banyak hal lainnya.

O ya, jangan berpikir kalau Facebook dan Instagram lahir dalam bentuk aplikasi smartphone. Awalnya FB dan Insta berbentuk website yang diakses melalui komputer memakai browser. Aplikasi adalah turunan dari versi websitenya. Sampai sekarang pun, keduanya masih bisa dipergunakan lewat browser.

Nah, dalam dunia bisnis, fungsi dan manfaat memiliki website, sebagian di antaranya adalah sebagai berikut

  1. Memberi kebebasan bagi pemiliknya

Medsos terlihat seperti tanpa aturan dan penuh dengan kebebasan, tetapi sebenarnya tidak demikian. Pemilik satu akun terikat pada peraturan yang ditetapkan oleh pemilik platform FB, Tiktok, atau lainnya.

Pelanggaran terhadap aturan yang ada, atau pelaporan dari pihak lain bisa berujung pada “menghilang”nya sebuah akun secara tiba-tiba.

Bisa bayangkan, akun yang sudah dikerjakan dengan sepenuh hati dan menghabiskan waktu yang banyak, tiba-tiba tidak bisa diakses oleh siapapun, termasuk pemiliknya? Pasti nyesek banget.

Hal itu tidak akan terjadi di website yang kita miliki. Semua itu karena kita adalah pemiliknya dan bebas menentukan aturan sendiri. Batasannya adalah aturan hukum dan pemilik hosting.

Website kita mau dijadikan untuk berdagang, sekedar curhat, atau apapun, semuanya akan terserah pemiliknya.

  1. Memberikan kesan professional dan

Website dipandang masyarakat sebagai sesuatu yang serius dan bukan main-main seperti medsos. Pandangan ini terbentuk karena selain “lebih susah” dibuat daripada sebuah akun medsos, juga karena umumnya dipakai oleh “perusahaan”, dulunya.

Pandangan ini meninggalkan imaji dalam benak masyarakat bahwa pemilik website adalah orang-orang professional saja, bukan masyarakat awam.

Dalam pemasaran, kesan seperti ini berperan penting karena menimbulkan trust atau rasa percaya kepada yang melihat.

  1. Bisa untuk menjalankan pemasaran

Bukan hanya media sosial yang bisa dipergunakan untuk pemasaran loh. Website pun bisa difungsikan sebagai alat pemasaran dan promosi yang tidak kalah bagusnya.

Istilah-istilah, SEM – Search Engine Marketing (Pemasaran Melalui Mesin Pencari) dan SEO – Search Engine Optimization (Optimasi Mesin Pencari) adalah dua istilah pemasaran yang menggunakan website. Keduanya adalah strategi pemasaran yang menggunakan mesin pencari untuk menarik calon pembeli ke sebuah website.

Banyak pemasar pun kerap menggunakan website berbentuk landing page untuk memamerkan dan mengundang pembeli. Perusahaan-perusahan memajang produk dan menawarkan jasa melalui website mereka.

Website sampai saat ini masih menjadi alat pemasaran yang tidak kalah efektifnya dari medsos dalam menarik calon pembeli.

  1. Bisa melakukan penjualan

Bisa! Jelas. Sebuah website bisa berupa toko online dimana Anda bisa memajang produk-produk atau menawarkan jasa. Kemudian, jika mau Anda bisa menambahkan Woocommerce agar pengunjung yang tertarik hanya perlu menekan tombol buy dan kemudian melakukan pembayaran.

Anda mengubah website menjadi sebuah toko di dunia maya dan melakukan jual beli di sana, mirip dengan Tokopedia atau Lazada.

Keuntungannya, kalau di marketplace seperti Tokped, toko Anda seperti berada di pasar, memiliki toko online sendiri akan membuat Anda seperti memiliki butik di wilayah sendiri.

  1. Alat berinteraksi dengan pelanggan atau calon pelanggan

“Ah, kan di medsos kitab isa berinteraksi langsung dengan calon pembeli?”, banyak orang berpikir seperti itu. Seakan hal itu tidak bisa dilakukan di website milik sendiri?

Pemikiran yang salah.

Sebuah website memiliki kolom komentar, kolom kontak, dan sekarang bisa ditambahkan dengan aplikasi chat seperti Whatsapp. Interaksi antar pemilik website dan pengguna bisa dilakukan dengan mudah.

Bahkan melakukan live chat pun bisa, bukan hanya melalui DM (direct message saja).

  1. Membentuk pasar (blog)

Pernah menyadari bahwa marketplace ternama Indonesia, Tokopedia, Lazada, Shopee memiliki blog? Isinya beragam tulisan/artikel tentang banyak hal.

Mau tahu alasannya? Dengan blog yang terus diisi postingan mereka menarik para pencari informasi ke website mereka. Semakin banyak yang datang, semakin baik bagi mereka karena para pencari informasi itu akhirnya akan membentuk sebuah pasar sendiri.

Perlahan, para pencari informasi lama kelamaan akan digiring atau secara sukarela akan masuk ke area marketplace dimana jual beli dilakukan.

Blog di sana berperan sebagai pengundang orang dan akhirnya pembentuk pasar, untuk marketplace.

  1. Menjangkau pasar lain

Pasar bukan hanya ada di medsos loh. Banyak orang yang masih sering mengakses situs-situs online dan tidak bermain di FB atau Insta. Bagi jenis kalangan seperti ini, pemasaran media sosial tidak akan ada gunanya karena mereka jarang mengaksesnya.

Dengan adanya website bagi sebuah bisnis, segmen pasar non medsos ini bisa didekati dan digali.

Segmen pasar dari pengguna website berbeda dari kalangan pemain medsos dan dalam hal ini website berfungsi menjangkau pasar non-medsos

  1. Pusat pemasaran online

Coba bayangkan kombinasi dari penggunaan website dan medsos digabungkan? Hasilnya adalah jangkauan pemasaran yang semakin luas dan masuk ke berbagai segmen pasar.

Yang seperti ini akan menguntungkan bagi sebuah bisnis karena peluang mendapatkan pembeli/pengguna jasa akan semakin besar pula.

Website dalam hal seperti ini akan menjadi pusat karena lebih menimbulkan kesan professional dan serius. Juga karena kemampuannya untuk memberikan informasi lebih baik dibandingkan medsos yang terbats.

Pengguna medsos bisa diarahkan untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkap di website.

  1. Sumber informasi resmi

Mengingat pandangan masyarakat yang melihat website sebagai sesuatu yang resmi dan formal, website bisa difungsikan untuk menyampaikan informasi resmi dari sebuah bisnis.

Bisa juga dipergunakan untuk menjelaskan kebijakan-kebijakan yang sulit dijelaskan melalui konten medsos karena keterbatasan di platform tersebut.

Website juga bisa dipergunakan untuk menyediakan tutorial kepada klien atau calon pengguna jasa karena, sama seperti medsos, website bisa juga menampilkan video, foto, atau lainnya dengan cara yang lebih baik.

  1. Memperkuat branding

Bila dikelola dengan baik, website bisa menjadi salah satu alat untuk memperkuat citra perusahaan.

Hal itu terjadi karena layout dan bentuk website bisa disesuaikan dengan filosofi atau citra yang ingin disampaikan. Mulai dari logo, warna, sampai konten di dalamnya bisa disesuaikan dengan yang sebuah bisnis mau.

Kebebasan dalam hal ini sulit didapat dari medsos, yang bentuknya sudah ditentukan oleh pemilik platform.


Website bukan pesaing medsos. Oleh karena itu, tidak seharusnya penggunaan website atau medsos dibenturkan.

Dalam dunia pemasaran sekarang, justru pemakaian kedua jenis platform itu akan memberikan keuntungan yang lebih besar daripada hanya memakai satu jenis saja.

Memang, untuk membuat dan membangun sebuah website tidak semudah membuat akun di media sosial. Namun, sekarang, caranya tidak serumit dahulu yang memerlukan pengetahuan tentang coding mumpuni.

Sudah banyak sekali CMS atau Content Management System yang membuat website layaknya sedang menggunakan Microsoft Windows saja. Pengelolaannya pun bukan hal yang rumit.

Kalaupun hal seperti itu masih terasa sulit, masalahnya mudah dipecahkan. Banyak penyedia jasa pembuat dan pengelolaan website, seperti kami, LB Digital menyediakan paket komplit pembuatan website berbasis WordPress.

Anda hanya perlu menjelaskan kebutuhan, target, dan tujuan Anda ingin memiliki website. Kami akan mempersiapkan semuanya, termasuk juga pemasaran website tersebut agar dikenal banyak orang melalui berbagai channel termasuk media sosial yang akan dilakukan tim Manajemen Medsos.

Jadi, bila memang Anda ingin mendapatkan manfaat website bagi bisnis Anda, sebenarnya tidak ada lagi alasan untuk menundanya.

Semua itu tidak lagi sesulit seperti di masa lalu.

Sayang kalau fungsi dan manfaat website ini tidak digunakan untuk bisnis Anda. Namun, semua itu akan terserah pada keputusan Anda.

Leave a Comment